Sabtu, 26 Januari 2013

PERSUASIF



TEKS PERSUASIF

Pengertian Persuasif menurut :

  • KBBI 
  1. /per·su·a·sif//pérsuasif/ a bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin): hanya dng cara -- pendekatan itu dapat dilakukan;

  • SECARA UMUM
  1. Paragraf persuasif adalah suatu bentuk karangan yang bertujuan membujuk pembaca agar mau berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan penultimate. Agar tujuannya dapat tercapai, penulis harus mampu mengemukakan pembuktian dengan data dan fakta.
  2. Paragraf persuasi adalah paragraf/karangan yang berisi ajakan. Paragraf persuasi bertujuan untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis. Agar pembaca menjadi terpengaruh, maka penulis harus melampirkan bukti dan data-data pendukung. Dalam paragraf persuasi, terdapat kata ajakan seperti ayo atau mari. Propaganda yang dilakukan oleh berbagai lembaga, badan, maupun organisasi; iklan yang disampaikan dalam berbagai media untuk menarik perhatian konsumen dan mempromosikan suatu produk adalah contoh dari paragraf persuasi.

  • MENURUT PARA AHLI
  1. Menurut Targian (1994 : 113) karangan atau tulisan persuasif adalah karangan yang dapat menarik minat,dan dapat menyakinkan bahwa pengalaman memebaca merupakan sesutu hal yang sangat penting
  2. Kaffer  (2001 : 119)  Menjelaskan bahwa persusasi bertujuan untuk menggubah pikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang kita ingin kan.
  3. Kaffer (2011 : 118)  Persuasi merupakan usaha untuk membujuk seseorang untuk mau mengikuti tujuan yang di kehendaki tanpa paksaan.
  4. Menurut Vitale dalam bukunya yang berjudul “ Hypnotic Writting” (2007 : 29) merupakan bahwa hypnotic writting adalah dengan sengaja menggunakan kata-kata untuk mengadu orang ke keadaan mental yang terfokus di mana mereka cenderung membeli produk atau jasa anda.

  • CIRI - CIRI 

  1. Persuasi berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah. 
  2. Harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
  3. Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui
  4. kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
  5. Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
  6. Persuasi memerlukan fakta dan data
  • CONTOH 
  1. Pencemaran Sungai Ciliwung sudah sangat parah dan dapat dikategorikan sebagai pencemaran tingkat berat. Rumah tangga merupakan penyumbang terbesar sampah di Sungai Ciliwung. Jika kondisi ini terus berlanjut, sejumlah daerah yang menggantungkan sumber air dari Sungai Ciliwung dikhawatirkan akan mengalami krisis. Untuk itu, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu ditanamkan secara kuat kepada masyarakat. Jika lingkungan terjaga maka kita jugalah yang akan diuntungkan.
  • SOURCE :
  1. http://makalahpendidikan.blogdetik.com/contoh-paragraf-persuasi/
  2. http://zataninside312.blogspot.com/2012/01/ciri-ciri-paragraf-persuasi.html
  3. www.kbbi.web.id
  4. s_ind_0805795_chapter2.pdf 
  5. http://bismakd.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar