Minggu, 19 Februari 2017

MY EXPERIENCE SUMMER SCHOOL AT INHA UNIVERSITY INCHEON SOUTH KOREA part.1

            Yeayyy finally setelah sekian lama udah nggak ngepost, kali ini aku bakal ngelanjutin ceritaku dari post sebelumnya tentang pengalamanku Summer School di Inha Univeristy.  Ahkirnya setelah Inha University menutup pendaftara, aku mendapatkan email konfrimasi kalau aku keterima program summer school nya yeayyy :D. Dan mereka juga meminta untuk mengirim beberapa dokumen ke pihak Inha sendiri. Yang pertama adalah surat yang menyatakan kalau aku nggak punya penyakit TBC (Tubercolosis) dan surat keterang sehat dari dokter. Nah buat temen-temen yang mau mau tes TBC aku punya rekomendasi nih. Daripada ke rumah sakit, lebih baik kalian dating ke Lab terdeketa seperti Pramita dan Parahita. Soalnya pengalaman dari temen yang tes TBC ke rumah sakit mereka jatuhnya mahal dan hasilnya lama.

 Nah temen-temen pasti tanya kenapa sih butuh hasil tes TBC? Because TBC adalah penyakit menular dan kalian di dorm tinggal bersama 3 manusia lainnya maka pihak Inha University mengatisipasi pesertanya agar tidak terjangkit penyakit tersebut. Dan jika tema-teman mempunyai penyakit TBC maka temen-temen terpaksa harus sewa hotel untuk 3 minggu sendirian huhuhh :’(

Next the day is coming. July 23 2016 pukul 22.34 WIB ahkirnya ku Check In di terminal 2 Soetta. Rasa degdegan mulai terasa. Firt time in my life, aku pergi jauh tanpa orang tua. Rasa seneng dan sedih jadi satu. Pokonya campur deh nggak bisa kebayang lagi gimana rasanya kalo udah sampe Seoul hahaha. Sekita puku 23.45 WIB ahkirnya pesawatku take off. Selama perjalanan Cuma main game sama dengerin musik. Kadang coba tidur sih, tapi karena turbulence-nya sering karena di luar hujan deres banget makanya aku nggak bisa tidur nyenyak. Temen-temen juga pada gitu. Bangun, tidur, bangung lagi eh tidur lagi. Okelah sampe dorm pokonya mau tidur gitulah pikiranku saat itu.


1 jam sebelum landing aku masih ndengerin musik tuh. Nggak tau kenapa next song di  nya itu “Seoul Song” nya anak SM Entertaiment. Dan itu sumpah bikin aku goosebumps. Nggak nyangka yang dulu SMA dibilang kpop freak sekarang bisa ke Seoul. Ya Allah aku bersyukur banget bisa ke Korea setelah dulu sering ngimpi ke Korea, beli buku tentang traveling di Korea, sampe guide book gratisan dari KTO aja aku punya wkwkwkw pokonya nggak kebayang aja aku bisa ke Korea Selatan hahahaha..
Sampainya aku di bandara Incheon sumpah aku kek orang ndeso abis. Aku mengakui dengan setulus hati pas pertama sampe Incheon aku kaya orang norak. Sumaph ya itu bandara gede banget, bagus, sophisticated  pokonya WELLL lah. Aku snapchat sana-sini kek ana ndeso wkwkwkw.

 Setelah puas snapchating aku menuju ke bagian imigrasi. Antara grogi dan seneng ahkirnya migrasi approve my passport and my visa then I took my baggage at 1st floor. Setelah ngambil bagasi, aku misah sama temen-temen yang lain karena aku dapet SIM CARD internet gratis dari Egg Sim. Dan itu mencarnya jauh banget deket pintu masuk kalo mau naek AREX. Nah AREX itu semacam kereta express yang nganter penumpang dari bandara Inheon ke pusat kota kayak Seoul Station or Hongdae Station. Biayanya kalo nggak salah 4600 Won.

Habis ambil sim card gratisan aku balik lagi ke meeting point yang telah di tentukan oleh Inha University buat pick up kita dari bandara menuju dorm. Selama di perjalana aku ngeliat tulian-tulisan Hangeul di mana-mana (yaiyalah dikorea bukan di jogja) hahahaha. 45 menit perjalanan ahkirnya sampailah kita di dorm. Disitu kita di sambut 2 siswi Inha Unversity. Yang satu asli korea yang satu asli Uzbekistan. Mereka menyuruh kita untuk menanata dan meninggalkan koper kita di luar. Setelah itu kita disuruh baris sambal di cek suhu badan kita. Kemudian kita registrasi ulang dan storing our finger print to database agar kita bisa buka pintu utama dorm pake sidik jari kita. Jadi nggak sembarang orang bisa masuk ke wilayah dorm. Setelah registrasi, ambil buku, kaos dan kunci dorm aku dan mas Bintang (my roommate) yang juga berangkat dari Jakarta menuju dorm kita no 423.

Nah setelah unpacked and took a bath aku dan mas Bintang diajak group kita yang berangkat bareng dari Jakarta jalan-jalan ke back gate Inha University. Di back gate sendiri banyak banget toko-toko mulai dari kosmetk, restaurant dan sebagainya berjejeran. Karena tangan udah gatel aku dah pengen banget beli macem-macem. Apa lagi banyak store yang majang gambar Song Jong K ma twin jadi bikin tambah pengen buat belanja hahahaha. 



But suddenly mbak Dian ngajak kita buat beli T-Money dan pergi ke Myeongdong :O di situ aku langsung setuju aja dan langsung nyari T-Money. Pas cari t-money temen-temen yang lain pada dapet yang edisi khusus Kakao Talk. Dan aku cuma dapet yang edisi regular so sad yaudah lah ndak apa wkwkwkw. Setelah kita beli t-money nya kita menuju Incheon station. Disitu aku diajarin mbak Dian ngisi t-money for the first time. Nah setelah diajarin ngisi aku juga diajarin cara pakenya. Maklum bisanya pake kartu Trans Jogja bukan t-money. Dari Incheon ke Myeongdong dibutuhkan waktu 1 jam. Agak jauh sih Incheon dari Seoul. Maklum Incheon plosok wkkwkw


Sesampainya di Myeongdong station, yang pertama aku liat  adalah toko album kpop yang terkenal murah di Myeongdong Underground Shopping. Kayak panggilan jiwa aku reflect langsung masuk ke toko itu. Dan sumpah di situ harga album MURAH BANGET CYIN! Lebih murah dari toko kpop di Indonesia yang pada buka PO hand carry. Disitu aku langsung cari album SEVENTEEN. Dan terkaget aku, harga album 17 Carat Cuma Rp 72.000 gengs like WOOOW kan!! Keluar dari exit 9 kalo nggak salah kita langsung bisa negliat main street nya Myeongdong. Sumpah dulu yang bisa liat di TV sama di buku finnaly aku langsung bisa liat langsung. Setelah kita foto-foto, kita lanjut ke LINE Store Myeongdong. Disitu kita antri cuma buat foto sama boneka Browny yang super gede. Selesai fot kita jalan-jalan muterin tuh store sambal liat item mana aja yang diskon wkwkwkw.


"Oiya fun fact ternyata nggak semua baju LINE nggak diproduksi di korea semua. Ada hampir 50% bajunya buatan Indonesia :O"

Setelah selesai window shopping, kita setuju buat mencar dan ketemu lagi di exit 9. Seperti kalian tahu, di Myeongdong banyak banget toko. Mulai dari kosmetik, pakaian, sepatu dll. Dan saran nih kalo kalian mau dapet barang di Myeongdong murah, coba kalian dating pas Seoul Great Sale. Sumpah masker beli 10 gratis 10 cyin. Harganya cuma RP. 100,000 kan murah banget itu. Pakaian, sepatu dan aksesoris pun murah. Bisa di bilang se-Myeongdong diskon semua. Just prepare some money to buy some stuff that you want so bad.

Nah karena udah pukul 8 malem ahkirnya kita memutuskan untuk pulang ke dorm dan lanjut jalan-jalan habis welcome ceremony dari Inha University. So Stay Tuned on my blog guys…

4 komentar:

  1. Kakk. Mau nanya dong, tau ga mungkin temen kakak yg mau pergi ke inha tahun ini? Wkwkw aku mau tapi baru d izinin kalau ada temen bareng dr sini. Makasih kakkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas. Untuk tahin ini temen aku nggak ada yang kesana. Maaf terima kasih :D

      Hapus
  2. salam kenal kak, mau tanya kak disana ada mahasiswa/i indonesianya ga yang jadi guide gitu? makasih kak

    BalasHapus
  3. Lagi nyari teman yg ikutan program ini buat taun depan :D kalo ada yg mau barengan add line aku ya id: nabilandarap xD

    BalasHapus